Launching Lembaga Ekskul Bahasa Inggris, Sulsel Berpotensi Jadi Rekor MURI

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sulsel berencana melaunching lembaga ekskul bahasa Inggris. Agenda ini merupakan rangkaian menyambut Hari Guru Nasional (HGN) 2020 Sulsel yang jatuh pada 25 November mendatang. Sebanyak 900 lebih SMA dan SMK Negeri plus swasta se Sulawesi Selatan akan dilibatkan dalam kegiatan ini.

"Kita ingin peringatan HGN tahun ini ada kegiatan spektakuler yang bermanfaat buat siswa, pendidik dan civitas akademik. Sebagai organisasi perkumpulan kepala sekolah, kami melihat peluang mencerdaskan anak bangsa dari kota sampai ke desa lewat kegiatan ini" ujar Mirdan Midding, pengurus MKKS Makassar yang dihubungi nusakini.com, Minggu (8/11/2020).

Menurut Mirdan, pengurus MKSS dan Disdik Sulsel telah mengadakan pertemuan yang juga dihadiri Prof Muhammad Jufri, Kadisdik Sulsel beserta jajarannya pada Jumat (6/11/2020) lalu. Kegiatan ini merupakan simboisis mutalisme dari MKKS dan Disdik Sulsel untuk mewujudkan visi misi Pemprov Sulsel dalam pendidikan. Khususnya program one school, one innovation dan one school, one product.

Pada kesempatan sama, ketua MKKS Makassar, Husaefah, menambahkan, nantinya setiap kota dan kabupaten dibentuk english camp. Dimana satu titik english camp terdiri dari beberapa sekolah. "Di setiap english camp bakal digelar diskusi aktif terkait pendidikan, inovasi, perkembangan teraktual dan masalah sosial di Sulsel seperti dampak dari pandemi COVID-19," terang Husaefah.

Ketua MKKS Sulsel, Muh. Arsad turut menjelaskan, launching lembaga Ekskul Bahasa Inggris rencananya dilakukan secara virtual dengan protokol kesehatan yang ketat. "Kami berharap Gubernur Nurdin Abdullah berkenan membuka kegiatan sekaligus mengadakan teleconference dengan peserta secara virtual. Kalau berjalan lancar, kegiatan ini berpotensi jadi rekor MURI," papar Arsad

Dilain pihak, Arsad mengungkan kegiatan ini merupakan kelanjutan program Professional English Training yang diadakan di Hotel Four Point Makassar, 4-6 November lalu. (ab)